Cara Mengatasi Kejahatan Skimming

Cara Mengatasi Kejahatan Skimming

Skimming adalah aktivitas pencurian data kartu ATM milik nasabah bank, melalui penggunaan Alat Skimmer yang diletakkan pada mesin ATM. Kemudian alat skimmer ini akan melakukan kloning data melalui magnetic srtripe yang terdapat pada kartu ATM/debit milik nasabah. Lalu bagaimacakah Cara Mengatasi Kejahatan Skimming, agar kita tidak menjadi korban dari kejahatan skimming?

Baca juga : Tips Belanja Online yang Aman

Berikut di bawah ini adalah Enam Cara Mengatasi Kejahatan Skimming

  1. Gunakanlah mesin ATM yang terletak di tempat keramaian, memiliki pengawas/security serta diawasi dengan CCTV. Misalnya di bank yang bersangkutan, mall, atau minimarket.
  2. Gunakan tangan untuk menutupi jari saat memasukkan kode PIN ATM
  3. Segera lapor ke polisi/satpam terdekat jika menemukan alat-alat yang tidak biasanya terdapat di mesin ATM.
  4. Peka terhadap kondisi sekitar, misalnya jika ada pengguna ATM yang sangat lama menggunakan ATM, segera beritahu petugas keamanan. Karena nasabah biasanya hanya memerlukan waktu kurang dari 5 menit untuk transaksi noncash di dalam ATM.
  5. Segera lapor kepada petugas keamanan jika penggunaan kartu ATM pada mesin ATM tersebut tidak berlangsung mulus (misalnya ada kendala saat memasukkan kartu ATM).
  6. Tidak memberikan data pribadi atau kode One Time Password (OTP) Bank kepada orang lain.

Magnetic stripe adalah garis lebar hitam yang terletak dibagian belakang kartu ATM. Yang terbuat dari material Ferromagnetic, sehingga bisa dipakai untuk menyimpan data (suara, gambar, atau bit biner).

Teknik pembobolan kartu ATM nasabah melalui metode skimming ini pertama kali terjadi pada tahun 2009 di ATM Citibank, Woodland Hills, California. Saat itu diketahui bahwa metode atau cara kerja skimming dilakukan dengan mengggunakan alat skimmer yang ditempelkan pada tempat memasukkan kartu ATM (atau pada slot mesin ATM). Sehingga data nasabah yang tersimpan pada magnetic srtripe ATM tercuri dan dapat digandakan.

Skimmer bukanlah satu-satunya alat yang digunakan oleh para pelaku kejahatan ini. Biasanya pelaku juga meletakkan kamera pengintai (spy cam) untuk menebak gerakan jari nasabah saat memasukkan PIN kartu ATM. Namun kini penggunaan kamera pengintai sudah mulai jarang digunakan, dikarenakan alat skimmer pun semakin canggih. Bahkan sudah beredar berbagai skimmer yang mampu membaca kode PIN kartu ATM, dan bisa langsung mengirimkan data-data tersebut melalui SMS kepada pelaku.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kategori Produk